Sabtu, 19 Desember 2009

lost in translation (review)




Agak geli juga pas mau nge-post ini. Kemaren temen gw si moi dapet tugas mata kuliah seni film, tugasnya itu bikin review film Le Grand Voyage produksi 2004. Kalo gag salah ditulis dan disutradarai sama Ismael Ferroukhi, kalo gag salah lagi nih film tentang hubungan ayah dan putranya gitu deh, mereka melakukan perjalanan menuju Mekkah, pake mobil! Gag selebai itu sih, pokoknya dari selatan Prancis ke Mekkah tadi. Pertama kali meluncur ke publik pas Toronto Film Festival 2004 sama di Venice International Film Festivals. Pokoknya nih film udah nongol di metro tv sekitar 2-3 kali dah. Lupa gw.
Nah yang bikin geli tuh gini, si moi dapet tugas review tuh film harus sepuluh halaman. Padahal pas gw baca buku The Great Movies karyanya si Roger Ebert yang katanya kritikus film paling berpengaruh dan paling kondang(an), yang katanya kalo film dikasih rating lumayan ama si doi berarti tuh film bakal ngeraup oscar, mmmm minimal jadi nominator sih. Intinya dia paling tau deh film berkualitas. Ya pokoknya dia nge-review film gag ada tuh yang ampe sepuluh halaman, lebay aja tuh si dosen moi.
Okeh, kemaren gw baru nonton Lost In Translation, nih film ide ceritanya di tulis sama Sofia Coppola dan doi juga yang nyutradarain. Siapa yang gag kenal nama Coppola dalam industri film Hollywood? Si Sofia-sofia ini usut punya usut adalah anak wedhok dari Francis Ford Coppola, ho ho ho sang sutradara dari film-film super berkualitas macem kayak Godfather, The Conversation, & Apocalypse Now. Pokoknya yahud dah!!!!
Jadi film Lost In Translation ini produksi tahun 2003 dan merupakan film drama komedi, bersetting di negeri sakura Kepang eh Jepang. Yang diekspos di film ini tuh kyknya tentang kesepian, keterasingan, dan kultur syok yang terjadi sama si Bob Harris (Bill Murray). Ceritanya si Om Bob ini adalah bintang film paruh baya yang pergi ke Jepang buat syuting iklan wiski merknya Suntory (apa bae dah nih merk) dan si om Bob inisedang mengalami krisis dalam perkawinannya (maklum ceritanya udah menikah selama 25 taun). dan ada juga si cantik Charlotte (diperankan sama..... tarik nafas..... tahaaaan.... SCARLETT JOHANSSON!! Waaaaaaaaaaaaaaw-pingsan) si cantik ini ceritanya jadi istri seorang fotografer yang namanya John (standar yee namanya....cuih!), dan si Charlotte ini gag yakin sama si suami karena sering ditinggal-tinggal gitu deh (dasar John lelaki bodoh!). nah teruuuuuuuuus,, ketemu dah tuh si Bob ama si cantik Charlotte di bar hotel, kedua mengalami kebosanan yang amat sangat nih ceritanya. Karena berasa senasib sepenanggungan dan mereka juga kesasar di negeri yang bahasanya juga gag mereka ngerti (mungki dari sini judul lost in translationnya) dan mulai lah itu petualangan keduanya menjelajah Jepang (banyak kejadian unik disini).
Mungkin semakin sering bersama keduanya semakin cinta kali (cailah), pada suatu malam si Bob sedang duduk di bar dan digodain sama penyanyi bar dan scene berikutnya itu si Bob udah bangun di kamarnya! Telanjang! Dan bersama si penyanyi bar tadi!!!! Waaaaaaaaaaw. Dan tanpa disengaja Charlotte ini mampir ke kamar Bob dan tak disangka tak dinyana dia melihat si Bob lagi ama si penyanyi rambut merah kayak Megaloman itu, terus merasa kecewa dah tuh si Charlotte (KEPARAT KAU BOB!!!!!). si Charlotte ngambek, seharian gag mau ngomong ama si Bob bau itu eh pas malemnya baekan lagi deh. Ckckckckckc.
Yaaah, namanya pertemuan pasti ada perpisahan. Jadi si Bob udah harus pergi dari Jepang dan si Charlotte masih 2 hari lagi (kalo gag salah). Bob say goodbye gitu ke Charlotte di hotel sebelum check out lucu deh perpisahannya “kau simpan saja jaket saya....” gitu kata si Bob lewat telpon. Dan gag disangka, si Charlotte ternyata dateng ke lobby hotel cuma buat balikin jaket so Bob. Udah gitu langsung kabur lagi dah ke kamarnya.
Pas di jalan di dalem mobil mau ke bandara si Bob ngeliat Charlotte di jalanan rame gitu (enggak. ga ngegembel kok, pokoknya dia lagi jalan dan gw kekurangan kosakata buat ngegambarinnya) dan dia turun dari mobil, menuju ke Charlotte dan dia si Bob ini membisikan sesuatu ke Charlotte (gag kedengeran, namanya juga dibisikin dan ini gag ketauan sampe film abis. Bikin penasaran dah) setelah itu dia menangis bahagia dan mereka pun berciuman (Bob you lucky bastard!). itu dah endingnya. Simple namun kompleks. Lho?
FYI: nih film dinominasikan buat Academy awards, best picture, best actor buat si Bill Murray, dan best director buat Sofia Coppola. Dan Sofia mendapatkan Best Original Screenplay salut buat si doi. Yak, sekian aja dah. Capek ngetiknya. Siapa bilang film bertemakan cinta itu ngebosenin. Kalo dikemas dengan baik juga pasti keren kok. Kalo mau contoh silakan nonton(500) Days of Summer. Hohoho....



ini si cantik charlotte

Tidak ada komentar:

Posting Komentar